PELATIHAN LAINNYA, PELATIHAN PERBANKAN, PELATIHAN PERUSAHAAN, PELATIHAN PT, CV, Dan Swasta

Pelatihan Manajemen Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan

Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Dalam aktifitasnya, fungsi keuangan tidak lepas dari kegiatan administrasi yang mencakup pencatatan dan pelaporan keuangan. Karenanya pengelolaannya membutuhkan karyawan yang kompeten dan dapat dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk seringkali membuat perusahaan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan. Sehingga perusahaan harus harus mencari pinjaman jangka pendek ke Bank dengan tingkat interest yang tinggi. Ini justru menambah biaya bagi perusahaan. Training ini dimaksudkan untuk membekali karyawan tentang pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard yang berlaku umum, mengelola proses administasi keluar masuk dana serta perencanan, pengendalian dan pelaporannya.

MATERI PELATIHAN:
MODUL I : FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN DAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

  1. Pengertian dan fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan.
    • Pemahaman aliran uang dalam perusahaan.
    • Pengertian biaya, sehingga dapat membedakan biaya dan bukan biaya.
    • Pemahaman terhadap Neraca dan pos-pos neraca.
    • Pemahaman terhadap laporan Laba Rugi beserta komponennya.
    • Memahami pembuatan laporan Laba Rugi.
    • Memahami apakah secara operasional perusahaan laba atau rugi.
    • Memahami arti dan tujuan membuat analisis laporan keuangan.
    • Memahami dan dapat menggunakan analisis horizontal, vertikal dan analisis rasio.
    • Mengetahui cara menyusun laporan perubahan modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana kas.

Modul II : MANAJEMEN MODAL KERJA

  • Memahami dasar-dasar manajemen kas yang meliputi administrasi dan anggaran kas
  • Memahami dasar-dasar manajemen piutang yang meliputi menilai calon debitur, administrasi piutang, analisis umur piutang, hubungan antara umur piutang dengan profitabilitas.
  • Memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memanajemeni persediaan.
  • Mengetahui dasar-dasar perhitungan persediaan optimal dan persediaan pengaman.
  • Memahami arti investasi, arus kas, Nilai Bersih Sekarang, Biaya modal.
  • Memahami teknik menilai investasi dari segi keuangan.

Modul III : PERENCANAAN LABA DAN PENGANGGARAN

  • Pemahaman arti titik impas serta cara menghitung nilai titik impas (Break Even Point)
  • Pemahaman terhadap fungsi anggaran dalam perusahaan.
  • Cara menyusun anggaran perusahaan.
  • Teknik pengendalian pelaksanaan anggaran.
  • Teknik penyusunan laporan realisasi anggaran.

Dalam rangka memantapkan pengetahuan hal diatas, Kami Trans Edukasi Nasional akan melaksanakan pelatihan tentang:

Pelatihan Manajemen Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan

Untuk Informasi Pelatihan dan Pendaftaran Hubungi Kontak

Trans Edukasi Nasional (TREN)

Posting Terkait