PELATIHAN DESA, PELATIHAN KEUANGAN DAERAH, PELATIHAN LAINNYA, PELATIHAN SKPD

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Siklus pengelolaan keuangan desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Perencanaan pembangunan desa dituangkan dalam RPJM-Desa dan RKP-Desa, sedangkan rencana keuangan tahunan pemerintah desa dituangkan dalam APBDesa. Dalam siklus tersebut, mencakup pelaksanaan dari wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh desa. Sehingga dalam praktiknya, aparatur pemerintah desa dituntut untuk dapat memahami dan mengelola keuangan desa dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Namun karena keterbatasan kualitas SDM yang dimiliki oleh pemerintah desa, maka APIP selaku pengemban fungsi pembinaan harus mampu memberikan konsultansi, misalnya dalam bentuk asistensi dan bimbingan teknis, agar keuangan desa dapat dikelola dengan baik, transparan, dan akuntabel.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini dirancang untuk membekali Auditor APIP sehingga memiliki pengetahuan terkait pengelolaan keuangan desa, sekaligus juga mampu melaksanakan penugasan konsultansi dimaksud.

Materi yang dibahas dalam Pelatihan ini meliputi:

  1. Desa dan Keuangan Desa
  2. Perencanaan Pembangunan Desa
  3. Penganggaran Keuangan Desa
  4. Pelaksanaan Keuangan Desa
  5. Penatausahaan Keuangan Desa
  6. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  7. Pengawasan Keuangan Desa

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan hal diatas, Kami Trans Edukasi Nasional akan melaksanakan pelatihan tentang:

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Untuk Informasi Pelatihan dan Pendaftaran Hubungi Kontak

Trans Edukasi Nasional (TREN)




Posting Terkait