Pelatihan Metode Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard
Untuk mengevaluasi performance atau kinerja suatu perusahaan, baik untuk perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dapat dilihat dari internal dan eksternal perusahaan. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan antara lain perkembangan politik, ekonomi makro, faktor sosial, budaya, dan kebijakan pemerintah. Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan adalah dari aspek finansial atau dari aspek manajerial skill.
Dalam artikel ini hanya akan disajikan mengenai penilaian kinerja dilihat dari faktor internal perusahaan. Untuk mengetahui konsisi internal dapat digunakan metode yang disebut dengan Balanced scorecard. Dalam metode Balanced scorecard, penilaian kinerja didasarkan pada empat aspek, yaitu aspek keuangan (financial performance), aspek kepuasan konsumen (custumer satisfaction), aspek bisnis internal (internal business proses), dan aspek pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth aspect).
Dari setiap yang aspek yang ada dalam Balanced scorecard dapat diketahui seberapa baik konsisi keuangan perusahaan, seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan, seberapa baik proses perkembangan usaha perusahaan sesuai dengan visi dan misinya, dan seberapa besar tingkat kepuasan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan. Dengan berdasarkan penilaian tersebut maka perusahaan akan mengetahui kelebihan dan kekurangan perkembangan usahanya.
Dengan adanya beberapa masukan tersebut, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk memperbaiki kondisi perusahaan, penetapan kebijakan baru yang lebih baik, dan tererencana.
Metode Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard
Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai hal diatas, Untuk itu Kami Trans Edukasi Nasional (TREN) akan melaksanakan pelatihan Tersebut.
Informasi Pelatihan & Pendaftaran Hubungi Kontak Person
Hp/Wa. 0812 1331 9231 / www.trenmedia.co.id / info@trenmedia.co.id